DEFINISI ZALIM dan JANGAN LAKUKAN PERBUATAN ZALIM

Diposting oleh di
DEFINISI ZALIM  dan JANGAN LAKUKAN PERBUATAN ZALIM
Sobat seiman yang dirahmati Allah. janganlah mengabaikan ajaran-ajaran Islam yang jauh lebih penting dan lebih utama, yaitu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. JANGAN LAKUKAN PERBUATAN ZALIM, itu judul yang tepat pada postingan saya kali ini. Semoga artikel ini dapat mengarahkan untuk hal yang lebih baik. Sebelum jauh kita membahasnya terlebih dahulu kita harus mengetahui Apa yang dimaksud zalim?  

Definisi Zalim
ahli bahasa mendeskripsikan zalim sebagai “wadl’u syai’a fi ghairi mahallihi” atau meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya. Perbuatan ZALIM adalah perbuatan yang sangat dicela Islam. orang-orang yang tidak disukai (dicintai) Allah Swt berfirman “..dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim.” (QS 3: 57 Lihat juga ayat QS 42:40)

Ayat-Ayat Alqur’an Yang Menerangkan Tentang Zalim

“Dan tidak adalah Tuhanmu membinasakan kota-kota, sebelum Dia mengutus di ibukota itu seorang rasul yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka; dan tidak pernah Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.” (QS 28:59)
“Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut . Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim,” (QS 7: 41)
“Kutukan Allah ditimpakan kepada orang-orang yang zalim,” (QS 7 : 44)
“Katakanlah: “Terangkanlah kepadaku jika datang siksaan Allah kepadamu dengan sekonyong-konyong, atau terang-terangan, maka adakah yang dibinasakan selain dari orang yang zalim?” (QS 6: 47)
“Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut . Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim,” (QS 7: 41)
“Dan sesungguhnya Kami telah membinasakan umat-umat sebelum kamu, ketika mereka berbuat kezaliman,” (QS 10:13)
“Maka itulah rumah-rumah mereka dalam keadaan runtuh disebabkan kezaliman mereka. Sesungguhnya pada yang demikian itu pelajaran bagi kaum yang mengetahui.” (QS 27:52)

Jika kita meyakini ayat-ayat ini, mudah-mudahan ayat-ayat ini senantiasa mengingatkan kita setiap saat dan menjadikan kita untuk tidak menganggap remeh dosa kezaliman yang merupakan salah satu dosa yang teramat besar.

hadis-hadis juga disebutkan bahwa kezaliman adalah sebesar-besar perbuatan maksiat dan perbuatan tersebut dapat merusak kalbu kita.
  1. Rasulullah Saw bersabda, “Jauhilah kezaliman itu, karena kezaliman itu dapat MERUSAK HATI (nurani) kalian.” (Mizan al-Hikmah V/597)
  2. Imam Ali as berkata, “Jauhilah kezaliman! Karena sesunggahnya kezaliman itu sebesar-besar kemaksiatan.” (Mizan al-Hikmah V/597)
  3. Imam Ali bin Abi Thalib as juga berkata berkata, “Jauhilah perbuatan zalim, karena pelaku kezaliman tidak akan mencium bau harum surga.” (Ibid)
  4. Di lain hadis Rasulullah Saw juga bersabda: “Takutlah kamu dari berbuat zalim ! Karena sesungguhnya kezaliman itu adalah kegelapan di Hari Qiyamat!” (Mizan al-Hikmah V/599)Rasulullah saw bersabda, 
  5. “Kezaliman itu ada 3 macam: Kezaliman yang tidak diampunkan Allah, Kezaliman yang dapat diampunkan Allah, dan kezaliman yang tidak dibiarkan oleh Allah. Adapun kezaliman yang tidak diampunkan Allah adalah syirik, firman Allah Taala: “Sesunggahnys syirik itu kezaliman yang amat besar!”, adapun kezaliman yang dapat diampunkan Allah adalah kezaliman seseorang hamba terhadap dirinya sendiri di dalam hubungan dia terhadap Allah, Tuhannya. Dan kezaliman yang tidak dibiarkan Allah adalah kezaliman hamba-hamba-Nya di antara sesama mereka, karena pasti dituntut kelak oleh mereka yang dizalimi.” (HR. al-Bazaar & ath-Thayaalisy)

Setelah kita mengerti tentang zalim dan ancaman yang diberikan Allah apakah yang adakn kita lakukan? Tentunya sobt sudah mengerti dan mempunyai pilihan. Terima kasih semoga Allah memberikan hidayah kepada kita semua. Amin

Pasang Iklan Anda

Tidak ada komentar untuk " DEFINISI ZALIM dan JANGAN LAKUKAN PERBUATAN ZALIM "

Back to Top